http://rantingcahaya.blogspot.com |
1. Pembaca diharapkan mampu mengetahui apa itu teori behavioristik.
2. Pembaca mampu mengetahui tokoh-tokoh teori behavioristik.
3. Pembaca mampu membuat penerapan teori behavioristik dalam RPP.
Rhodiatussholihah
1113016300044
Assalamu’alaikum…
Ada yang tau apa itu teori
Behavioristik?
Come On! Lets Join! I’ll explain about it.
Teori
Behavioristik
Tentu kita sudah tau apa itu Behavior? Behavior berasal dari Bahasa
Inggris, yang berarti Tingkah Laku.
Menurut Teori Behavioristik, belajar adalah
sesuatu hal yang menghasilkan perubahan tingkah laku. So, menurut teori ini
seseorang telah dianggap belajar jika sudah bisa menunjukan perubahan
perilakunya.
Misalnya : Apabila seorang anak SD kelas 1 yang belajar berhitung
, harus mampu menunjukan bahwa dia sudah bisa berhitung. Bukan sekedar mengerti
apa itu berhitung, namun langsung dapat menunjukan bagaimana menghitung.
Menurut teori ini yang penting adalah
STIMULUS & RESPON.
Pada teori Behavioristik,
selain stimulus dan respon ada factor lain lagi yang dianggap penting. What is
it?
It’s Reinforcement (Penguatan).
Penguatan disini berarti penguatan dalam menghasilkan respon. Atau, lebih
mendalamnya lagi, penguatan disini berarti segala sesuatu yang dapat memperkuat
timbulnya reaksi dari siswa akibat rangsangan yang diterima siswa dari guru.
And, you know whats kinds of
reinforcement?
1. Positive Reinforcement : Tentu kalian semua
sudah tau, jika positive maka hasilnya pun akan baik. Yup! Positive
Reinforcement ini adalah suatu penguat yang bisa membuat siswa lebih
menghasilkan respon yang kuat.
Example: Guru memberikan permen atau
cokelat bagi yang dapat menjawab soal-soal dari Guru. Hal ini merangsang siswa
menjadi semangat untuk berusaha bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan.
Right? I know, u’re like that. Lebih senang mengerjakan soal yang dapat hadiah
jika mengerjakanya. It’s normal
2. Negative Reinforcement : Disini kebalikan dari
Positive Reinforcement, dimana penguatan akan berkurang dan respon pun akan
berkurang dari siswa.
Example: Guru
memberikan siswa soal-soal, namun apabila tidak dapat menjawab soal, siswa
dihukum didepan kelas,mengangkat satu kaki dan menarik kedua telinganya. Hal
itu membuat siswa enggan sekali untuk belajar, dengan Gurunya saja sudah takut.
Is It Fact, isn’t it? YES!
v Tokoh-tokoh
Teori Behavioristik
by : rhodiatussholihah |
Ø Edward
Lee Thorndike (Teori Konesksionisme)
Ø Ivan
Petrovich Pavlov (Teori Classic
Conditioning)
“Individu
dapat menghasilkan reaksi baru yang diinginkan selain menggunakan stimulus dari
dalam individu itu, yaitu melalui stimulus dari luar diri indivdu itu”
Example:
Disiang hari yang panas suara “ting…tingg..ting..”dari penjual bakso dapat
meningkatkan keinginan seseorang untuk makan bakso, tidak harus dengan
memperlihatkan bakso, terbukti seseorang sudah tau dan terangsang menjadi ingin
membeli.
Ø Teori
Edwin R Guthrie (Teori Kontiguitas Conditioning)
by : rhodiatussholihah |
Pada teori ini lebih
mementingkan factor-faktor penguat, dimana :
Belajar lebih mengutamakan praktek dan
pembiasaan.
Example:
1. English Conversation (untuk bisa berbahasa Inggris, dibutuhkan praktek
berbicara, bukan hanya sekedar teori)
2. Menggunakan Komputer
Ø Teori Watson
by : rhodiatussholihah |
v Surat dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan Perubahan
http://rahmajanti.blogspot.com |
Penerapan Teori Behavioristik dalam RPP
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMAN 65 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
FISIKA
KELAS :
XII (UMUR 18 TAHUN)
MATERI POKOK :
GELOMBANG BUNYI & GELOMBANG CAHAYA
Tujuan Pembelajaran
1. KOGNITIF
·
Siswa mampu membuktikan adanya Gelombang
Bunyi dan Gelombang Cahaya pada kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar (C3)
·
Siswa mampu menunjukan karakteristik
cahaya serta prinsip dan penerapannya dalam teknologi (C3)
2. AFEKTIF
·
Siswa mampu mempraktekkan fenomena
difraksi dan interferensi kisi menggunakan laser pointer dan CD bekas (A5)
·
Siswa mampu bertindak mencari informasi
tentang bunyi dan permasalahanya dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai
sumber (A5)
3. PSIKOMOTORIK
·
Siswa mampu merancang spektroskop
sederhana dan kisi difraksi menggunakan DVD atau VCD bekas (P7)
·
Siswa mampu menciptakan alat sederhana
proses resonansi pada gelombang bunyi (P7)
Sekian pembahasaan mengenai Teori Behavior, Thanks.. See u :)
Wassalamu'alaikum .......